Senin, 18 Maret 2013

TREND DAN POTENSI KEJAHATAN KOMPUTER DAN INTERNET

Kejahatan di dunia internet muncul disebabkan karena beberapa faktor, seperti INTERNET USERS ATAU MENINGKATNYA PENGGUNA INTERNET. Jika semakin banyak yang menggunakan internet tentu saja kejahatan akan meningkat dikarenakan tidak semua orang punya pengetahuan yang cukup tentang internet yang dimana ternyata orang tersebut terancam dengan tindakan kejahatan. Misalkan, dulu orang-orang tidak tahu menggunakan komputer, tapi sekarang dengan adanya jejaring sosial seperti Facebook atau Twitter, maka orang-orang awam pun menggunakan komputer tetapi hanya sebatas mengetahui komputer itu Facebook atau Twitter.

Ada juga disebabkan karena faktor TRANSACTION VALUE ATAU MENINGKATNYA NILAI TRANSAKSI. Semakin meningkatnya kegiatan bertransaksi di dunia internet juga menyebabkan terjadinya cyber crime. Terkadang orang-orang lupa akan nilai dari suatu transaksi yang dapat merugikan dirinya sendiri, misalkan saja sedang berurusan dengan bank menggunakan wifi di suatu tempat, bisa saja data-data pentingnya ketahuan oleh pihak lain.

INTERACTION FREQUENCY ATAU  MENINGKATNYA FREKUENSI INTERAKSI merupakan faktor yang ketiga, semakin sering kita muncul di dunia internet, semakin besar pula kemungkinan kita menjadi korban kejahatan di dunia internet. Misalkan saja di dunia nyata kita sering melewati tempat yang sama, tentu saja orang-orang akan setidaknya melirik atau melihat kita dan tidak semua orang memiliki sifat yang baik, tentu ada orang yang sudah merencanakan hal yang buruk terhadap diri kita, maka hal ini akan memperbesar kemungkinan kita menjadi korban kejahatan.

Faktor keempat adalah COMMUNITIES SPECTRUM ATAU MENINGKATNYA BERBAGAI MACAM KOMUNITAS. Terbentuknya komunitas di dunia maya tidak semua komunitas yang baik untuk kita ikut bergabung bersama didalamnya, karena ada yang membuat komunitas hanya untuk iseng tetapi ada juga yang tidak.

Dan yang kelima yaitu USAGE OBJECTIVES ATAU MENINGKATNYA PENGGUNAAN KARENA TUJUAN TERTENTU. Kejahatan dapat juga terjadi akibat kita hanya terus menerus menggunakan internet hanya karena tujuan tertentu karena kita tidak tahu bisa saja ada orang yang memantau kita, misalkan saja menggunakan internet hanya untuk berbisnis.

Ada empat domain yang rawan kejahatan:
 1)   Operating System attacks
Misalkan kita ditanyai tentang mana yang lebih banyak virusnya antara LINUX dengan WINDOWS, tentu saja WINDOWS yang lebih banyak virusnya kan? Disebabkan karen banyaknya pengguna WINDOWS daripada pengguna LINUX, maka virus lebih banyak berkisar pada WINDOWS.
     
 2)  Applications - level attacks
Pada domain ini, kita bisa diserang dari sisi program atau aplikasi yang kita gunakan atau inginkan. Misalkan kita ingin menggunakan suatu program atau aplikasi yang kita dapatkan secara ilegal, biasanya program tersebut sudah ditumpangi virus atau semacamnya karena program ilegal tidak dapat terjamin kebersihannya.
     
 3)  Shrink Wrap Code attacks
Model serangan pada domain ini bisa bermacam-macam, bisa berbentuk virus, bisa juga spyware atau malware, atau bisa juga spam, dan lainnya. Biasanya serangan ini banyak terdapat di internet atau jaringan-jaringan lainnya yang dapat dengan mudah menyebarkan virus, spyware, malware, spam dan lain sebagainya.
     
 4)  Misconfiguration attacks
Serangan ini terjadi karena kesalahan setting oleh suatu pihak. Misalkan saja kita membeli laptop dan terinstalkan beberapa program yang sering digunakan, dan tidak lupa anti virus. Lalu anggap saja kita tidak menggunakan internet, maka anti virus tersebut tentu tidak terupdate. Kemudian kita sering menggunakan USB Flash Disk, maka laptop kita akan semakin lama semakin terasa tidak nyaman digunakan karena virus dapat menyebar melalui Flash Disk ke komputer lain yang tidak dapat terdeteksi oleh anti virus kita yang tidak terupdate database virusnya.

Sekian tulisan mengenai TREND DAN POTENSI KEJAHATAN KOMPUTER DAN INTERNET, mohon maaf jika terdapat kesalahan dalam tulisan ini... Terima kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar